Bhabin Desa Batuan Kaler Atensi Sosialisasi dan Kampanye Vaksin MR (Measles & Rubella).

Polda Bali Polres Gianyar Polsek Sukawati, Pada hari Jumat tgl 13 Juli 2018 pkl 11.00 wita sampai dengan pkl 12.30 wita bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Batuan Kaler telah berlangsung Sosialisasi dan Kampanye Vaksin MR (Measles & Rubella) dari UPT Kesmas Sukawati I dan Pustu Batuan Kaler.

Hadir pada kesempatan tersebut Perbekel Bapak I Wayan Suarma, SE, Semua Kadus sedesa Batuan Kaler, Kasek SDN 1 & 2 Batuan Kaler, Kasek Paud/TK, Semua Kader Posyandu sedesa Batuan Kaler dan pembawa Materi dari UKM (Usaha Kesehatan Masyarskat) UPT Kesmas Sukawati I, Dr. I Nyoman Sudiasa dan Pelaksana Program P 2 (Pencegahan Penyakit) Menular Imunisasi Ibu Ni Putu Sastik Wahyuni, Amd. Kep.

Acara sambutan pembuka disampaikan oleh Perbekel yang pada intinya menyampaikan bahwa Anak sebagai generasi penerus dan aset bangsa haru diperhatikan dan diperjuangkan semaksimal mungkin masalah kesehatannya. Apalagi dari umur 9 bulan sampai 15 tahun harus mendapatkan imunisasi dan vaksin untuk kekebalan tubuhnya terutama vaksin MR/ campak. Untuk itu bagi peserta dan undangan semua harus memperhatikan sebaik baiknya dari acara ini untuk disampaikan kepada warganya, kader Posyandunya dan anak anak didiknya baik yang Paud, TK, SD dan SMP. Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai jembatan untuk menyampaikan kpd orang tua yang mempunyai anak antara 9 bln sampai 15 tahun.

Acara sosialisasi/ Kampanye pertama disampaikan oleh Dr. I Nyoman Sadiasa yang pada intinya mengatakan bahwa rencana sosialisasi dan kampanye  bulan Agustus – September 2018 yaitu bulan Agustus di Paud, TK,SD, SMP. Bulan September di Posysndu masing masing Banjar untuk anak dari umur 9 bulan sampai 15 tahun walaupun imunisasi dasar dan lanjutan lengkap dan disuntikan pada lengan kiri atas.

Kemudian dilanjutkan pada sosialisasi dan kampanye oleh IBU Ni Putu Sastik Wahyuni, Amd.Kep yang pada intinya menyampaikan bahwa MR/Measles & Tubella/ Campak penyakit infeksi virus akut sangat menular ditandai 3 stadium yaitu inkubasi, prodormal dan erupsi. Cara penularan percikan ludah dan jalan napas. Gejala campak : demam, bercak kemerahan, batuk pilek, mata merah raum pada muka dan leher dan menyebar ke tangan dan kaki. Bahaya penyakit campak sakit berat tdk mau msksn dan minum, diare, infeksi paru, radsng otak yg dapat menimbilkan wabah/KLB. Apa itu Rubella penyakit infeksi virus akut dan sangat menular pada anak. Cara penularan Rubella  saluran napas saat batuk dan bersin. Gejala Rubella: demam ringan, bercak kemerahan, mirip campak biasa dan pembesaran kelenjar limpe.

Pengobatan campak dan rubella dapat betobat jalan anak cukup diberikan cairan dan kalori dan pengobatan bersifat simptomatik diberi vitamin A dan istirahat yang cukup.

Apabila dlm suatu masyarakat sebagian besar anak sudah mendapat imunisasi, maka penyebaran  penyakit menular dapat dikendalikan karena ada kekebalan komunitas.

Demikian acara  sosialisasi dan kampanye MR/campak yang di ikuti oleh sekitar 20 orang undangan seperti tersebut di atas berjalan aman tertib dan lancar yang di atensi oleh Bhabinkamtibmas Aiptu GN Jumaya dan Babinsa Serma I Nyoman Wirayasa.




Be the first to comment