PENCEGAHAN DAN PENANGANAN TERHADAP KORBAN TINDAK KEKERASAN MELALUI SOSIALISASI YANG DILAKSANAKAN UNIT PPA POLRES GIANYAR BERSAMA DINAS SOSIAL KAB.GIANYAR DI AULA KANTOR DINAS SOSIAl KAB. GIANYAR.

Utama -PENCEGAHAN DAN PENANGANAN TERHADAP KORBAN TINDAK KEKERASAN MELALUI SOSIALISASI YANG DILAKSANAKAN UNIT PPA POLRES GIANYAR BERSAMA DINAS SOSIAL KAB.GIANYAR DI AULA KANTOR DINAS SOSIAl KAB. GIANYAR. Utama -PENCEGAHAN DAN PENANGANAN TERHADAP KORBAN TINDAK KEKERASAN MELALUI SOSIALISASI YANG DILAKSANAKAN UNIT PPA POLRES GIANYAR BERSAMA DINAS SOSIAL KAB.GIANYAR DI AULA KANTOR DINAS SOSIAl KAB. GIANYAR.Polda Bali -Polres gianyar, Unit PPA Sat Reskrim.
Adanya Problematika Sosiologis yaitu banyaknya terjadi kejahatan terhadap perempuan dan anak, baik eksploitasi, perlakuan yg salah, diskriminasi, penelantaran, kejahatan seksual, kekerasan fisik maupun psikis, tentunya sangat berdampak korban mengalami stress /gangguan kejiwaan, ketakutan, trauma, cacat fisik, bahkan perceraian dalam rumah tangga.

Penyelenggaraan sosialisasi ini dihadiri para PSM pendamping (Pekerja Sosial) 100 orang dan instansi terkait Kab. Gianyar. 70 orang
Dalam penanganan korban tentunya dilaksanakan secara terpadu dan bisa terwujud melalui kerjasama jejaring yang kuat. Penanganannya bisa dari segi medis /pelayanan kesehatan Fisik ke RS, ini diperlukan untuk melihat dampak yang terjadi akibat kekerasan tersebut, kedua pelayanan kesehatan jiwa (Psikis) tentunya melibatkan psikolog/psikiater , pemulihan trauma dilakukan terhadap korban, kemudian pelayanan sosial tentunya dukungan sosialisasi baik dalam keluarga,masyarakat,sekolah, dan Penanganan secara hukum melalui peran unit PPA di Kepolisian.

Maka penegakan hukum hendaknya seiring dengan rehabilitasi terhadap pelaku dan korban guna menghindari pelaku mengulangi lagi perbuatannya dan korban tidak menjadi pelaku dikemudian hari karna trauma, Sosialisasi kepada masyarakat hendaknya dilakukan secara berkesinambungan, maka bagi pengambil kebijakan yakni kepada pihak-pihak dan para Stake holder terkait perlu dilakukan persamaan persepsi dan kerjasama pihak terkait dalam mewujudkannya.Begitu juga dalam proses penegakan hukum tanpa adanya dukungan masyarakat dan kerjasama jejaring terkait maka Penegakan hukum tidak bisa berjalan.




Be the first to comment