Tari Pendet Massal Meriahkan Pembukaan Porsenijar Kecamatan Blahbatuh

Tari pendet masal meriahkan Porsenijar

GIANYAR, balihotnews.comParade masing – masing kontingen mengawali acara pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Pelajar  TK SD Kecamatan Blahbatuh Tahun 2017 dibuka secara resmi Camat Blahbatuh, Drs. I Ketut Narayana di Lapangan Astina Jaya, Blahbatuh, Rabu, 15 Maret. Pembukaan ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari juara tahun lalu kepada panitia untuk diperebutkan kembali, dilanjutkan dengan pelepasan balon.

Selain parade masing – masing kontingen, acara pembukaan juga dimeriahkan dengan Tarian Pendet massal dari anak – anak SD se – Kecamatan Blahbatuh serta penampilan Polisi Cilik (Pocil).

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Blahbatuh, Dewa Made Nida Ardana, SE.,MM., selaku Ketua Penyelenggara mengatakan, Porsenijar Kecamatan Blahbatuh Tahun 2017 mengambil tema “ Melalui Porseni Pelajar Kabupaten Gianyar Tahun 2017, Kita Satukan Tekad Wujudkan Prestasi Puncak Menuju Bali Mandara Jilid II”. Kegiatan perlombaan akan dilaksanakan selama empat hari dari 15 s/d 18 Maret 2017. Porsenijar ini adalah pembinaan prestasi olahraga dan seni pelajar tingkat kecamatan, sekaligus merupakan gambaran hasil pembinaan yang dilaksanakan oleh sekolah dasar di tiap – tiap gugus/desa.

“ Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada olahragawan dan seniman pelajar untuk berpacu dalam prestasi, untuk selanjutnya menuju jenjang lebih tinggi yakni tingkat Kabupaten bahkan Provinsi,” tegas Dewa Made Nida.

Dewa Made Nida menambahkan, sebanyak sembilan kontingen akan berlomba yakni, Desa Blahbatuh, Desa Bedulu, Desa Buruan, Desa Saba, Desa Pering, Desa Keramas, Desa Medahan, Desa Bona dan Desa Belega. Sementara cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi, Atletik, Bulu Tangkis, Catur, Tenis Meja serta Sepak Bola. Sedangkan untuk cricket, senam, pencak silat, renang, karate dan basket dikirim langsung ke tingkat kabupaten. Untuk bidang seni yakni, Taris Baris Tunggal, Tari Pendet, melukis, menyalin huruf latin, mesatua Bali, macepat dan macecimpedan.

Camat Blahbatuh, Drs. I Ketut Narayana mengatakan, kegiatan Porsenijar ini merupakan kegiatan rutin tahunan bertujuan untuk menajaring bibit – bibit berbakat dan berprestasi dari siswa – siwa SD baik dalam bidang olahraga maupun seni. Hasil dari seleksi ini, nantinya akan dikirim mewakili Kecamatan Blahbatuh ke tingkat kabupaten bersaing dengan kontingen kecamatan lain.

“Melalui ajang ini juga akan mampu membakitkan rasa percaya diri siswa dan menumbuhkan sifat sportifitas peserta,” imbuh Narayana. (Humas Gianyar/Set)




Be the first to comment